flag counter

free counters

Translate

Minggu, 11 Maret 2012

Tendangan Bebas Ronaldo Diteliti Profesor Fisika




Tendangan bebas Cristiano Ronaldo diteliti seorang profesor ilmu fisika dari Universitas Bath (Inggris), Ken Bray. Sang profesor pun menyebut tendangan CR9 itu memang unik dan susah dijinakkan.
Sang profesor sudah menuangkan hasil penelitian itu dalam salah satu bab bukunya, How to Score: Science and the Beautiful Game. Ia secara khusus menyoroti tendangan bebas Ronaldo yang selama ini sudah banyak mendapat pujian. Ia membandingkannya dengan tendangan bebas pemain lain seperti Didier Drogba dan David Beckham.
Kesimpulannya, tendangan si CR9 memang spesial. "Cristiano melakukan tendangan bebas dengan cara khusus; bola nyaris tak berputar setelah dia tendang," tulis Bray. "Ketika Cristiano menendang, bola pun bergerak seperti bola baseball dan karenanya lintasannya sangat sulit diduga."
Gray pun lantas memahami kesulitan yang dialami kiper saat menghadapi tendangan bebas pemain ini. "Bagi mata kita, sejumlah kiper itu seperti telah melakukan hal bodoh, tapi sebenarnya semua itu bukan salah dia. Tendangan pemain Portugal itu memang sangat sulit dijinakkan," katanya. "Tak ada pemain yang menendang seperti itu, kecuali mungkin Kieran Richardson (Sunderland). Dan gol dia sama sekali tak ada kaitannya dengan keberuntungan."
Sang profesor juga memberi peringatan yang mungkin akan meresahkan para kiper. Menurutnya, tendangan Ronaldo justru akan kian meningkat. Tehniknya akan terus meningkat dan kian mematikan

Lalu kenapa bola tendangan Ronaldo berubah arah ketika sudah di depan Kiper..??
Inilah teorinya : saat Ronaldo menendang, ada sedikit kekuatan dorongan  (putaran) yang di hasilkan dari tendangannya. Semakin lama, bola semakin sedikit menghasilkan tenaga dan di saat ini lah angin merubah arah. Makanya tidak jarang kiper sulit memblok bola (kaget) meskipun sudah menebak arah bola. Itu juga yang menyebabkan bola yang ditendang ke atas tiba-tiba jatuh dan masuk ke gawang. Inilah yang saya sebut sebagai "teori angin". Semakin lama bola melayang maka kekuatan bola akan semakin sedikit bahkan hilang , nah pada saat inilah angin mempengaruhi bola hingga jatuh ketanah.

Dari sekian banyak gol yang di hasilkan lewat tendangan bebasnya, lebih banyak di hasilkan dari jarak lebih dari 25 meter ke arah gawang, hal ini karena memperbesar kemungkinan teori tersebut. Jika dari jarak dekat maka Ronaldo sulit menggunakan teori ini. Namun bagaimanapun juga hal itu butuh latihan khusus dan sering untuk melakukannya.
liat vieonya:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar